Pariwisata Labuan Bajo dalam Tahap Pemulihan - FloresMerdeka

Home / Ekonomi Bisnis

Rabu, 10 November 2021 - 00:08 WIB

Pariwisata Labuan Bajo dalam Tahap Pemulihan

Mendagri Tito Carnavian saat memberikan keterangan pers.(foto:ist)

Mendagri Tito Carnavian saat memberikan keterangan pers.(foto:ist)

LABUAN BAJO, FLORESMERDEKA.com- Kondisi pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar) sedang dalam tahap recover atau masa pemulihan setelah lama terkena dampak pandemi covid 19. Hal ini diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Carnavian di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Senin (8/11/2021).

Ia mengatakan, dari perbincangannya dengan sejumlah awak kapal yang membawa wisatawan ke Taman Nasional Komodo (TNK), mereka mengakui dunia pariwisata sangat terpukul oleh adanya pandemi covid 19. Namun perlahan-lahan pariwisata mulai bangkit kembali dan sekarang sedang dalam tahap recoveri atau pemulihan

“Sesungguhnya pada waktu pandemi, mereka betul-betul terhempas karena turis-turis tidak datang.Turis dari Eropa, Australia maupun Amerika belum banyak yang datang saat ini. Sementara dari domestik lebih kurang baru tiga puluh persen,”jelasnya.

Namun menurut Mendagri, situasi sudah mulai membaik dan para wisatawan mulai berdatangan meskipun masih didominasi oleh wisatawan domestik.Ia berharap pandemi segera berakhir sehingga spot-spot wisata dapat dibuka dan semakin menarik para wisatawan untuk datang mengingat kawasan TNK sangat indah dan kaya akan ikan dan coral reef yang masih bagus. 

Mendagri juga mengakui manajemen pencegahan covid-19 di setiap destinasi wisata sudah sangat baik. Ia menyaksikan di setiap tempat wisata diterapkan protokol kesehatan yang baik. Hal ini membawa efek positif karena belum banyak wisatawan yang datang sehingga pertumbuhan karang, pertumbuhan ikan semakin banyak. Kata dia, Labuan Bajo menjadi tempat wisata super premium karena main attraction keindahan laut baik potensi yang berada diatasnya maupun yang berada di dalam laut sangat kaya.

“Labuan Bajo itu ditarget sebagai tempat wisata super premium. Karena menjadi obyek super premium, maka apa yang menjadi main attractionnya adalah laut. Potensi terbesarnya adalah laut baik potensi yang di atas seperti komodo dan gunung-gunung atau pulau-pulau yang bagus, pasir pantai yang bagus,” ujar mantan Kapolri ini.*(fmc)

Share :

Baca Juga

Ekonomi Bisnis

BPOLBF Dorong Digitalisasi Desa Wisata

Ekonomi Bisnis

Progres Dana Pinjaman Daerah Hampir Rampung

Ekonomi Bisnis

Matim Miliki Potensi Sumber Daya Alam yang Besar

Ekonomi Bisnis

Sumur Bor untuk Tingkatkan Produksi Jagung

Ekonomi Bisnis

Anak-Anak Butuh Asupan Nutrisi

Ekonomi Bisnis

Kompiang: Oleh-Oleh Khas Manggarai yang Paling Digemari

Ekonomi Bisnis

Desa Waiara Kembangkan Irigasi Tetes

Ekonomi Bisnis

Lembor Selatan: Kaya Potensi, Miskin Perhatian