Penanganan Sampah Harus Mulai dari Rumah Tangga - FloresMerdeka

Home / Ham dan Lingkungan Hidup

Rabu, 19 Januari 2022 - 00:09 WIB

Penanganan Sampah Harus Mulai dari Rumah Tangga

Bupati Edistasius Endi

Bupati Edistasius Endi

LABUAN BAJO, FLORESMERDEKA.com-Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menegaskan, penanganan sampah harus dimulai dari rumah tangga. Penanganan sampah harus melibatkan semua pihak karena pemerintah tidak mungkin bisa bekerja sendiri. Apalagi sampah bersumber dari segala arah, terutama rumah tangga, industri, pasar dan berbagai aktivitas masyarakat. Hal ini diungkapkan Bupati Endi saat menggelar rapat khusus bersama para ketua RT se- Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo di Kantor Desa Gorontalo, Senin (17/1/2022).

Bupati Endi mengatakan, ukuran keberhasilan dalam penanganan sampah tidak terletak pada banyaknya jumlah ton sampah yang diangkut setiap hari oleh para petugas tetapi diukur dari keberhasilan kita dalam mengurangi produksi sampah terutama sampah yang berasal dari rumah tangga.

“ Keberhasilan penanganan sampah tidak terletak pada jumlah ton sampah yang diangkut tapi diukur dari keberhasilan kita mengurangi sampah rumah tangga,”ujarnya.

Menurut dia, pemerintah serius menangani sampah meski penanganan sampah belum maksimal lantaran masih dihadapkan pada sejumlah hal teknis yang harus diselesaikan, Ia berharap Dinas Lingkungan Hidup, Camat, Kepala Desa, RT dan semua stakeholder agar bekerjasama dan mensosialisasikan secara intensif kepada masyarakat tentang dampak buruk sampah serta mengimbau masyarakat untuk mengurangi produksi sampah rumah tangga. Salah satu cara sederhana yang perlu dilakukan yakni dengan tidak menggunakan kemasan makanan dan minuman dari plastik.*(fmc)

Share :

Baca Juga

Srikandi Edi-Weng

Ham dan Lingkungan Hidup

Alasan Srikandi Edi-Weng Pungut Sampah Setiap Jumat di Pantai Pede

Ham dan Lingkungan Hidup

Askawi dan Karang Taruna Kirim Bantuan Korban Ile Lewotolok
Foto: Ilustrasi

Ham dan Lingkungan Hidup

Camat Dionisius Randjamuda Tewas Gantung Diri
Umat Kristen

Ham dan Lingkungan Hidup

Umat Kristen Dianiaya, Pastor Fidelis Minta Bantuan Komunitas Internasional

Ham dan Lingkungan Hidup

Kemenkum HAM Kaji Status Kewarganegaraan Orient

Ham dan Lingkungan Hidup

Membangun Kesadaran Ekologi

Ham dan Lingkungan Hidup

FML Kirim Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Ile Lewotolok

Ham dan Lingkungan Hidup

WALHI NTT : Konflik Agraria di NTT Terus Meningkat