Kopwan Setia Janji Bertekad Menjadi Koperasi Modern - FloresMerdeka

Home / Ekonomi Bisnis

Minggu, 21 Februari 2021 - 11:41 WIB

Kopwan Setia Janji Bertekad Menjadi Koperasi Modern

Rapat Anggota Koperasi Wanita Setia Janji. Foto/FMC//Vinsen Patno

Rapat Anggota Koperasi Wanita Setia Janji. Foto/FMC//Vinsen Patno

LABUAN BAJO, FLORESMERDEKA.COM- Koperasi Wanita Setia Janji atau Kopwan Setia Janji bertekad  menjadikan koperasi Kopwan sebagai koperasi yang modern. Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pokwan Setia Janji ke XX tahun buku 2020, Yohana Baptista T Bria, yang digelar di gedung Koperasi Suka Damai, Labuan Bajo, Sabtu (20/2/2021).

Ketua Panitia, Yohana,  mengatakan pelaksanaan RAT Kopwan kali ini sangat berbeda dibandingkan dengan RAT sebelumnya lantaran digelar di tengah situasi pandemi covid-19.

“Karena itu, RAT kali ini hanya dibatasi  lima puluh orang saja mewakili setiap cabang dan para peserta wajib mengikuti protokol kesehatan,”ujarnya.

Ketua Koperasi Wanita Setia Janji Bonatria Satiman dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan RAT bertajuk Menuju Koperasi Sejati Yang Modern Melalui Kerja Keras dan Perubahan Berkelanjutan, Kopwan Setia Janji bertekad menjadikan koperasi ini sebagai koperasi yang modern. Untuk  itu dibutuhkan kerjasama dan kerja keras dengan segala inovasi, kreativitas dan terobosan-terobosa baru.

Lebih lanjut ia mengatakan, kerja keras harus diimbangi perubahan dan tuntutan jaman. RAT adalah momentum penting untuk mengevaluasi kinerja ketua, pengurus dan pengawas dan manajemen. Karena itu RAT merupakan forum tertinggi dalam mengambil keputusan untuk menyampaikan kritik dan usul saran bagi kinerja pengurus dan manajemen  agar dapat bekerja lebih keras dan bertanggung jawab.

Sementara itu, Wakil Puskopdit Manggarai, Kanisius Teobaldus Deki menyatakan, Kopwan Manggarai Barat saat ini sudah bergabung dengan Puskopdit sejak 20 Juni 2020. Koperasi Wanita Setia JanJi ini merupakan koperasi yang kedua dari tiga koperasi di Puskopdit Manggarai. Menurut dia, prinsip utama dalam  koperasi kredit adalah saling percaya.  Karena itu, orang yang bergabung dalam koperasi kredit harus merupakan kumpulan orang-orang yang saling percaya.

“Koperasi lahir karena saling percaya. Mareka dipanggil karena hati nurani yang tulus untuk saling berbagi dan saling melengkapi sesuai motto kau susah aku bantu, aku susah kau bantu,” ujarnya.

Sedangkan penasehat Kopwan, Maria Geong berharap pertumbuhan koperasi wanita dapat berkembang lebih baik dan berharap semakin banyak orang yang bergabung.

“Maria kita ajak lebih banyak orang lagi khususnya kaum perempuan untuk terbiasa menabung,” pinta mantan Wakil Bupati Manggarai Barat (Mabar) ini.

Ia berharap pemerintah terutama DPR agar memberikan dukungan dengan memberikan  penyertaan modal. Bantuan modal, sebut dia, sangat penting guna mendukung kegiatan masyarakat. Dia pun berpesan agar pengurus Kopwan memegang teguh tiga prinsip yakni fokus pada pekerjaan, menghargai waktu dan menabung.

Senada diungkapkan Kabid Perindagkop Manggarai Barat, Herman Rigit. Ia menjelaskan tugas pemerintah khususnya Dinas Perindagkop yakni memastikan seluruh masyarakat bergabung dengan koperasi.

“Tugas kami adalah mendampingi dan mengevaluasi setiap perkembangan koperasi dan memastikan koperasi sehat atau tidak sehat manajemennya, sehat keuangannya dan sehat anggotanya,”terang Rigit.

Saat ini tercatat Kopwan Setia Janji memiliki asset modal sebesar Rp.2,3 Miliyar dengan sebanyak 591 anggota. Koperasi ini didirikan pada tanggal 12 Maret 2001 dengan modal awal Rp.182.000 dengan anggota sebanyak 12 orang. (sen)

Share :

Baca Juga

Ekonomi Bisnis

60 Pelaku UKM di Mabar Dapat 2,4 Juta dari Presiden Jokowi

Ekonomi Bisnis

Tingkatkan Ketahanan Pangan Melalui Budidaya Sorgum

Ekonomi Bisnis

Peternak Resah, Ratusan Ekor Babi Mati Mendadak

Ekonomi Bisnis

Bank NTT Sumbang Dana CSR Rp 300 Juta

Ekonomi Bisnis

Teknologi Irigasi Tetes, Penggerak Petani Milenial

Ekonomi Bisnis

Geliat Pembangunan Infrastruktur di Kota Wisata Premium Labuan Bajo

Ekonomi Bisnis

Kopi Flores dan Pemberdayaan Petani

Ekonomi Bisnis

Kecamatan Sano Nggoang: Kaya Potensi Miskin Perhatian