Rasis, Serikat Pemuda NTT Desak Gubernur Laiskodat Mundur - FloresMerdeka

Home / Reportase

Sabtu, 4 Desember 2021 - 00:56 WIB

Rasis, Serikat Pemuda NTT Desak Gubernur Laiskodat Mundur

Serikat Pemuda NTT saat menggelar aksi demontrasi di Jakarta.(Foto:ist)

Serikat Pemuda NTT saat menggelar aksi demontrasi di Jakarta.(Foto:ist)

JAKARTA-Serikat Pemuda Nusa Tenggara Timur (NTT) mendesak Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat untuk segera mundur dari jabatannya sebagai gubernur NTT. Desakan itu disampaikan dalam aksi demonstrasi yang digelar di Jakarta (3/12/2021). Serikat Pemuda NTT menilai, Gubernur Laiskodat merupakan pemimpin yang rasis.

Koordinator aksi Serikat Pemuda NTT, Jemianus Tamo Ama menyatakan, aksi demonstrasi yang mereka gelar sebagai respons sebuah video yang viral di dunia maya atas pernyataan Gubernur Laiskodat yang menyebut warga dengan kata ‘monyet’ yang terjadi di Desa Kabaru, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, penggunaan kata monyet dari Gubernur Laiskodat adalah bentuk rasisme. Gubernur Laiskodat dinilai tidak layak menjadi seorang pemimpin. “Insiden diskriminasi berbentuk rasis yang dilakukan Viktor Laiskodat sejatinya merupakan ekspresi dari arogansi kekuasaan dan telah melecehkah harkat dan martabat masyarakat adat Sumba Timur,” ujarnya.

Sebagai warga negara Indonesia, lanjut Jemi, masyarakat adat Sumba Timur memiliki hak untuk bebas dari segala bentuk diskriminasi. Hal ini sangat jelas diatur dalam UUD 1945 Pasal 28I ayat 2 yang menyatakan: Setiap orang bebas dari segala perlakuan diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif.

Dalam aksi tersebut, para demonstran juga menyampaikan sejumlah pernyataan sikap antara lain, mendesak pemerintah untuk menghentikan segala bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadap masyarakat adat Sumba Timur khususnya, dan masyarakat adat di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur umumnya oleh Gubernur Viktor Bungtilu Laskodat. mereka juga mendesak Presiden Joko Widodo agar segera memerintahkan Kapolri mengusut tuntas dugaan tindak pidana rasisme dan penghinaan yang dilakukan oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur. Mereka mendesak Gubernur Viktor Bungtilu Laskodat untuk turun dari jabatannya sebagai Gubernur di Nusa Tenggara Timur. Dan mendesak Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur agar segara membentuk peraturan daerah (Perda) pengakuan, perlindungan dan pemberdayaan masyarakat adat di Nusa Tenggara Timur. *(fmc)

Share :

Baca Juga

Bumi Manusia

PUPR Matim Bangun Crossway di Kali Wae Gera

Dinamika Daerah

Menteri Sosial Diciduk KPK

Reportase

Kapolres Mabar : Selesaikan Masalah dengan Kepala Dingin

Dinamika Daerah

Adven Peding Digeser, Stef Jaghur Pimpin NasDem Matim

Dinamika Daerah

Pemda Mabar Minta ASDP Awasi Lonjakan Penumpang

Reportase

Kapolri Instruksikan Tindak Tegas Polisi Langgar Aturan

Reportase

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Lamba Leda
Rumah Bernabas Terbakar

Hukrim

Satu Rumah Warga di Lembor Ludes Terbakar