SMK Cinta Damai Rayakan HUT Guru ke 76 - FloresMerdeka

Home / Pendidikan

Sabtu, 27 November 2021 - 16:41 WIB

SMK Cinta Damai Rayakan HUT Guru ke 76

SMK Cinta Damai Rayakan HUT Guru ke 76

SMK Cinta Damai Rayakan HUT Guru ke 76

BORONG, FLORESMERDEKA.com-SMK Cinta Damai Kabupaten Manggarai Timur (Matim) merayakan HUT guru yang ke 76. Upacara peringatan HUT Guru ini digelar di halaman SMK Cinta Damai, Kamis (25/11/2021).

Ketua Yayasan Cinta Damai Bpk.Agustinus Harum, S.Pd, M.M menjelaskan tentang tentang hari Guru. Dia mengatakan, setiap tahun Hari Guru Nasional (HGN) selalu mengusung tema yang berbeda-beda. Untuk tema Hari Guru Nasional 2021 ini yakni ‘Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan’. Tema ini menurut dia, syarat dengan makna dan sulit dicapai karena guru tidak hanya bicara tetapi guru harus juga bekerja ekstra, sementara kita dilanda oleh situasi yang menyulitkan dunia khususnya NTT.

Dikatakan, perkembangan pendidikan Indonesia yang sempat terhambat akibat pandemi COVID-19, yang mewajibkan kegiatan belajar mengajar diselenggarakan dari jarak jauh proses itu tentu saja mempersulit seluruh tenaga pengajar dan peserta didik untuk mencapai tujuan dan target yang diharapkan.

Namun demikian, situasi mulai membaik, dan perlahan-lahan sekolah mulai menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Pada kesempatan ini, Ketua Yayasan menceritakan secara garis besar tentang sejarah guru Nasional. Ia mengatakan bahwa Hari Guru Nasional berawal dari perjuangan para guru melalui Persatuan Guru Hindia Belanda pada tahun 1912.

Organisasi ini beranggotakan guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah yang umumnya ditugaskan di Sekolah Rakyat dan Sekolah Desa.

Pada tahun 1942, organisasi ini berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia. Tetapi, saat itu penjajah Jepang sempat melarang segala bentuk organisasi, termasuk yang berisi para guru. Setelah Indonesia berhasil merdeka, barulah organisasi ini kembali berjalan.

SMK Cinta Damai Rayakan HUT Guru ke 76
Foto Bersama para Guru Diopo smk Cinta damai

Pada tanggal 24 dan 25 November 1945, organisasi ini menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia. Pada kongres tersebutlah, tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional memiliki makna sebagai bentuk penghormatan kepada para guru atas segala jasa mereka. Peringatan Hari Guru Nasional di setiap sekolah tentu saja berbeda-beda.

Ada sekolah yang mengadakan upacara saja, perlombaan antar para guru, memberikan hadiah kepada para guru, SMK Cinta Damai Manggarai Timur adalah satu satunya SMK pariwisata yang memiliki program keahlian yaitu usaha kuliner/tata boga, Usaha Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata dan Otomotip khusus Roda dua yang ada Manggarai Timur.

Pada tgl 25 November 2021 merayakan HUT guru ke 76 dengan melaksanakan kegiatan antara lain, lomba tarian daerah (danding) tarian masal antara kelas menggunakaan pakaian adat yang lengkap. Usai perlombaan siswa menghidangkan makanan khas/ pangan lokal kepada guru-guru sebagai bentuk penghormatan terhadap guru-guru khusunya guru SMK Cinta Damai.

SMK Cinta Damai Rayakan HUT Guru ke 76
Foto Bersama Pembina Yayasan SMK Cinta Damai Bersama Para Siswa/Siswi (Foto:Heru)

Ketua Yayasan Agustinus Harum S.Pd,A.Md Par,MM menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan para guru SMK Cinta Damai atas perjuangan kerja sama dan jasanya dalam mendidik siswa selama ini, sehingga SMK tetap eksis dan telah menjawab kebutuhan usaha jasa pariwisata melalui penyerapan lulusan SMK Cinta Damai di NTT antara lain Kota Kupang Labuan Bajo dan Bali dan beberapa kota lainnya di Flores.

“Saya berharap agar semangat guru SMK Cinta Damai lebih bagus diwaktu yang akan datang seuai visi dan Misi SMK Cinta Damai.

Semoga Tuhan memberkati,” ujarnya.(fmc)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Mimpi Sekolah Penggerak, SMPN V Borong (1)

Pendidikan

GEMPAR-MATIM Desak Kemenag Perhatikan Kondisi MIS-AL QALAM

Pendidikan

SMAN 3 Borong, CBT Entas Korupsi (3)

Pendidikan

Presiden Berharap Belajar Tatap Muka Mulai Juli 2021

Pendidikan

Lebih Dekat dengan SMA Negeri 1 Borong

Pendidikan

Karakter yang Baik Dihasilkan dari Pikiran yang Baik

Pendidikan

SMA Negeri 1 Borong Terbitkan Majalah Sekolah

Pendidikan

Cara Menghadapi Gempa Bumi