Wagub NTT Minta PMI Bekerjasama Melayani Masyarakat - FloresMerdeka

Home / Dinamika Daerah

Selasa, 23 November 2021 - 23:05 WIB

Wagub NTT Minta PMI Bekerjasama Melayani Masyarakat

Wagub Josef Nae Soi saat terpilih menjadi Ketua PMI NTT.(Foto:ist)

Wagub Josef Nae Soi saat terpilih menjadi Ketua PMI NTT.(Foto:ist)

KUPANG, FLORESMERDEKA.com-Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi meminta Palang Merah Indonesia NTT untuk bersinergi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah se NTT untuk melayani masyarakat. Wagub Nae Soi mengungkapkan hal itu usai ia terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Propinsi NTT periode 2021-2026 yang digelar di Hotel Kristal, Kupang, Selasa (23/11/2021).

Dia menegaskan kepada PMI di setiap kabupaten kota agar memiliki bank data mengenai golongan darah sehingga bila ada warga yang membutuhkan pertolongan donor darah, PMI sudah punya data warga untuk mendonorkan darahnya. Ia juga meminta setiap desa memiliki bank darah demi menolong para ibu hamil yang hendak melahrkan.

Menurut Soi, tugas PMI sangat mulia karena itu, pengurus PMI harus miliki semangat, cerdas serta siaga.

“Di mana masyarakat bersedih karena adanya bencana atau kecelakaan, di situ PMI harus ada. Di mana masyarakat gembira karena sudah pulih dari situasi bencana maka di situ PMI hadir. Kita selalu berada bersama masyarakat,” ujarnya

Selain itu, ia juga menjelaskan, BMKG NTT telah memberikan informasi terkait situasi perubahan iklim di mana NTT berpotensi mengalami curah hujan tinggi dan tanah longsor. Oleh sebab itu ia meminta jajaran PMI untuk siap menghadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu. PMI harus mampu melayani sesuai sejalan dengan tugas PMI sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 1 Tahun 2018.

Dalam peraturan itu PMI diberi tugas untuk memberikan bantuan kepada korban konflik bersenjata, kerusuhan  dan gangguan keamanan lainnya. PMI juga memberikan pelayanan darah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, melakukan pembinaan relawan, melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepalangmerahan. Menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan kegiatan kepalangmerahan, membantu dalam penanganan musibah dan/atau bencana di dalam dan di luar negeri. Membantu pemberian pelayanan kesehatan dan sosial dan melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya yang diberikan oleh pemerintah.*(fmc)

Share :

Baca Juga

Dinamika Daerah

Pemda Mabar Minta ASDP Awasi Lonjakan Penumpang
Penandatanganan MoU BPOLBF dan Pemda Bima. (Foto: Humas BPOLBF)

Dinamika Daerah

BPOLBF dan Pemda Bima Tandatangani MoU Kerjasama Pengembangan Pariwisata

Dinamika Daerah

BPBD Matim Distribusi Bantuan Darurat ke Lamba Leda

Dinamika Daerah

Gidion Mbiliyora: Kristofel Praing Layak Jadi Bupati

Dinamika Daerah

Dump Truck Bermuatan 12,5 Ton Tabung Elpiji Terjungkal

Dinamika Daerah

Jubir: Sekda Matim Positif Rapid Test Antingen
Ujian Luring, SMPN 7 Ruteng Perketat Prokes

Dinamika Daerah

Ujian Luring, SMPN 7 Ruteng Perketat Prokes
Bantuan UNIKA St. Paulus Ruteng tiba di Larantuka.(Foto: Ist)

Dinamika Daerah

Paket Batuan Unika St. Paulus Ruteng Tiba di Larantuka