Puluhan Rumah dan Jalan Utama Terendam Banjir - FloresMerdeka

Home / Reportase

Senin, 27 Desember 2021 - 05:25 WIB

Puluhan Rumah dan Jalan Utama Terendam Banjir

Salah satu ruas jalan utama di Labuan Bajo yang terendam banjir.(Foto:Kornelis Rahalaka/Floresmerdeka)

Salah satu ruas jalan utama di Labuan Bajo yang terendam banjir.(Foto:Kornelis Rahalaka/Floresmerdeka)

LABUAN BAJO, FLORESMERDEKA.com- Hujan dengan intensitas yang tinggi di wilayah Manggarai Barat (Mabar), khususnya di Kota Labuan Bajo dan sekitarnya, mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir. Banjir juga merendam sejumlah ruas jalan utama dalam kota Labuan Bajo seperti di jalur jalan Soekarno-Hatta di Kampung Ujung hingga Kampung Tengah.

Banjir juga merendam puluhan rumah di kawasan Sernaru, Raba, Golo Koe, Cowang Dereng dan Wae Mata. Pantauan Floresmerdeka.com, Senin (27/12/2021), jalur jalan di kawasan Kampung Tengah, tepatnya di depan Hotel Bajo hingga Kantor Pos terendam banjir. Setiap kendaraan yang melewati jalur tersebut mesti berhati-hati lantaran tinggi genangan air mencapai lutut manusia.

Seorang warga setempat menyebutkan, curah hujan yang tinggi menyebabkan saluran got tidak mampu menampung volume air dalam jumlah yang banyak akibatnya air meluber ke jalan raya. Sementara itu, drainase yang buruk atau ketiadaan drainase pembuangan di kawasan padat penduduk ikut memicu terjadinya banjir. Kondisi ini diperburuk oleh perilaku warga yang membuang sampah sembarangan. Sampah kemudian menyumbat aliran air.

Menurut warga yang enggan disebutkan namanya ini menduga, banjir di beberapa ruas jalan dalam kota super premium ini lebih banyak disebabkan oleh tersumbatnya drainase atau got pembuangan. Banjir juga menggenangi jalur jalan sepanjang Toko Simpan hingga Hotel Komodo. Sejumlah warga tampak berjibaku membersihkan sampah-sampah yang menutupi lubang pembuangan. Berbagai jenis sampah seperti botol plastik, air mineral dan berbagai jenis sampah lainnya menutupi lubang pembuangan.

Banjir juga merendam puluhan rumah di wilayah Sernaru, Raba, Golo Koe, Cowang Dereng dan Wae Mata. Di Raba misalnya, sejumlah rumah penduduk tampak terendam banjir. Banjir di kawasan ini disinyalir merupakan banjir kiriman dari kawasan Sernaru dan Lancang serta Wae Nahi. Di kawasan ini banyak jalan yang dibangun tanpa miliki drainase atau got pembuangan akibatnya, setiap musim hujan, kawasan ini kerap menjadi langgananan banjir.*(fmc)

Share :

Baca Juga

Ribuan warga terlihat duduk dan berdiri desak-desakan

Dinamika Daerah

Deklarasi Bapaslon di Mabar Abaikan Protokol Covid-19
Rumah Bernabas Terbakar

Hukrim

Satu Rumah Warga di Lembor Ludes Terbakar

Dinamika Daerah

Ratusan Warga Desa Belabaja Alami Krisis Air Bersih

Dinamika Daerah

Kisah Haru Artaliano, Bayi Penderita Hidrosefalus Sejak Lahir

Reportase

Polres Mabar Dukung Percepat Vaksinasi Covid-19

Reportase

Panglima TNI : Vaksinasi di Manggarai Barat Cukup Bagus

Reportase

Labuan Bajo Menuju Kota Kreatif

Dinamika Daerah

Didukung 11 Parpol, Khristofel Praing: Ini Kesempatan Emas