Presiden Jokowi: Pelabuhan Multipurpose Dukung Destinasi Pariwisata Super Premium - FloresMerdeka

Home / Reportase

Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:54 WIB

Presiden Jokowi: Pelabuhan Multipurpose Dukung Destinasi Pariwisata Super Premium

Presiden Jokowi saat meresmikan pelabuhan multipurpose di Wae Kelambu, Labuan Bajo.(Foto:ist)

Presiden Jokowi saat meresmikan pelabuhan multipurpose di Wae Kelambu, Labuan Bajo.(Foto:ist)

LABUAN BAJO, FLORESMERDEKA.com- Presiden Joko Widodo mengatakan, terminal multipurpose Wae Kelambu dibangun untuk mendukung pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium. Persiden juga mengapresiasi kecepatan pembangunan terminal pelabuhan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi, dikerjakan secara cepat, di bulan Agustus 2020 dimulai, kemudian hari ini bisa kita selesaikan. Alhamdulillah,” ujar Presiden dalam sambutannya saat mersmikan pelabuhan tersebut, Kamis (14/10/2021).

Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo dibangun untuk memisahkan kegiatan logistik atau barang dengan angkutan penumpang yang sebelumnya bercampur di pelabuhan yang lama yakni di Kota Labuan Bajo. Pembangunan pelabuhan ini guna mendukung pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium.

Terminal uultipurpose ini akan berfungsi sebagai terminal khusus untuk logistik juga bertujuan memperkuat konektivitas maritim dan menopang kelancaran arus logistik di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Presiden berharap, terminal dan pelabuhan baru ini bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Ia berharap, terminal ini bisa dipakai dalam jangka waktu 15-20 tahun yang akan datang masih memungkinkan, visible, untuk angkutan barang-barang yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, terutama di Kabupaten Manggarai Barat.

“Biaya logistik negara kita dibanding negara tetangga, kita masih sangat tertinggal. Biaya logistik di negara tetangga kurang lebih di angka 12% sedangkan di negara kita masih 23%. Artinya ada yang tidak efisien di negara kita, maka dari itu perlu dibangun infrastruktur baik itu jalan maupun pelabuhan agar produk kita atau barang-barang kita bisa bersaing dengan produk-produk dari negara lain”, tandas Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa penggabungan PT. Pelindo diharapkan dapat menekan biaya logistik sehingga dapat bersaing dengan negara lain dan diharapkan produk-produk Indonesia bisa menjelajah ke seluruh dunia.

Dia berharap penggabungan ini adalah biaya logistik kita bisa bersaing dengan negara-negara lain . Artinya, daya saing logistik kita serta dapat mencari patner yang memiliki jaringan yang luas sehingga terkoneksi dengan negara lain. Begitu juga produk-produk dari Indonesia bisa menjelajah ke seluruh dunia.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam laporannya menyebutkan, pelabuhan baru ini merupakan pelabuhan kelas III. Ia berharap format pelabuhan ini bisa dikembangkan di tempat lainnya di tanah air.

Ia beriharap, Pelabuhan Wae Kelambu menjadi pelabuhan dengan format baru yang akan dikembangkan di beberapa tempat di Indonesia. Dengan berpindahnya Pelabuhan Multipurpose ke Wae Kelambu, ujar dia, akan menjadikan Labuan Bajo tidak lagi padat dan menjadi Destinasi Pariwisata yang lebih baik,” ungkap Menteri Budi.*(fmc)

Share :

Baca Juga

Reportase

Seorang Ibu Rumah Tangga Terjatuh ke Sumur

Reportase

BPOLBF Dorong Percepatan Vaksinasi

Dinamika Daerah

Menyoal Status Tanah Pemda Mabar

Reportase

Dua Unit Rumah dan Satu Warung Makan Terbakar
MISI AG

Demokrasi Mabar

MISI Deklarasi, AG “Melaju” ke KPUD Mabar

Hukrim

Diduga Mabuk Berat, Pemuda Asal Nggorang Tewas di Reo

Reportase

Kapolres Mabar : Kebakaran Diduga Berasal dari Mesin Genset

Dinamika Daerah

Geledah Kantor Bupati, Kejati NTT Sita HP Bupati Mabar