Pemda Sikka Bayar Ganti Rugi Pembebasan Lahan - FloresMerdeka

Home / Dinamika Daerah

Jumat, 24 September 2021 - 05:34 WIB

Pemda Sikka Bayar Ganti Rugi Pembebasan Lahan

Bupati Sikka saat menyerahkan ganti rugi lahan.(foto:ist)

Bupati Sikka saat menyerahkan ganti rugi lahan.(foto:ist)

MAUMERE,FLORESMERDEAK.com-Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Sikka menyerahkan ganti rugi pembebasan lahan untuk SMA Negeri Kangae dan SMP Negeri Nuba Arat Kangae dalam bentuk uang kepada para pemilik tanah. Penyerahan ganti rugi lahan berlangsung, Rabu (22/9/2021).

Kegiatan penyerahan ganti rugi berlangsung di SMPN Nuba Arat Kangae dan dihadiri oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka, Ny. Maria Cahyani Idong, Kepala Dinas PKPP Kabupaten Sikka, Femmy Bapa, ST, M. Eng, bersama Kepala Bidang Pertanahan DPKPP Kabupaten Sikka, Denny Da Lopez, ST dan tiga orang Kepala seksinya, Sekertaris Dinas PKO, Marten Luther Aji, Camat Kangae yang diwakili oleh Sekertaris, Arkadius, S.Pd, Kepala Desa Watuliwung dan Kepala Desa Kokowahor bersama para ketua BPD, Kepala Sekolah SMAN Kangae dan SMPN Nuba Arat bersama para Ketua Komite, Tenaga Pendidik dan Siswa/i, Panitia Pembangunan SMAN Kangae dan SMPN Nuba Arat, tokoh masyarakat Kangae dan para pemilik tanah.

Hasil laporan dalam kegiatan pengadan tanah oleh  DPKPP Kabupaten Sikka Tahun Anggaran 2021 ini, Femmy Bapa, ST, M.Eng, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sikka mengalokasikan anggaran untuk pengadaan 5 (lima) bidang tanah yang semuanya dimanfaatkan bagi pembangunan infrastruktur dalam rangka pemenuhan hak-hak dasar masyarakat.

“Untuk menggantikan kerugian dalam pembanguna ini Pemerintah Kabupaten Sikka telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan lima bidang tanah yang semuanya dimanfaatkan bagi pembangunan infrastruktur dalam rangka pemenuhan hak-hak dasar masyarakat,” jelasnya.

Ada beberapa uraian kegiatan dalam acara penyerahan ganti rugi tanah terkait pembanguan sekolah tersebut:

Pertama, pengadaan tanah untuk pembangunan PLTS Palue seluas 25.380 M2 dengan total nilai ganti rugi sebesar Rp. 700.000.000,- (tujuh ratus juta rupiah).

Kedua, pengadaan tanah untuk pembangunan SMAK St. Benediktus Palue seluas 2.526 M2 dengan nilai ganti rugi sebesar Rp. 119.997.630,- (seratus Sembilan belas juta Sembilan ratus Sembilan puluh tujuh ribu enam ratus tiga puluh rupiah).

Ketiga, pengadaan tanah untuk pembangunan Puskesma Tuanggeo Palue seluas 4.854 M2 dengan nilai ganti rugi sebesar Rp. 133.970.400,- (seratus tiga puluh tiga juta Sembilan ratus tujuh puluh ribu empat ratus rupiah).

Keempat, pengadaan tanah untuk pembangunan SMAN Kangae seluas 10.000 M2 dengan nilai ganti rugi Rp. 750.000.000,- (tujuh ratus lima puluh juta rupiah), di mana proses ganti rugi sebelumnya telah dibayar oleh panitia perjuangan pembangunan SMAN Kangae pada Tahun 2018 sebesar Rp. 111.000.000,- (seratus sebelas juta rupiah) dan sisa ganti rugi yang dibayar oleh pemkab sikka pada Tahun 2021 sebesar Rp. 620.700.000,- (enam ratus dua puluh juta tujuh ratus ribu rupiah). Kelima: pengadaan tanah untuk pembangunan SMPN Nuba Arat Kangae seluas 5.001 M2 dengan nilai ganti rugi sebesar Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah), di mana proses ganti rugi sebelumnya telah dibayar oleh panitia pendiri SMPN Nuba Arat sejak Tahun 2016 s/d 2020 sebesar Rp. 342.050.000,- (tiga ratus empat puluh dua juta lima puluh ribu rupiah) dan sisa ganti rugi yang dibayar oleh pemkab sikka pada Tahun 2021 sebesar Rp. 157.950.000,- (seratus lima puluh tujuh juta Sembilan ratus lima puluh ribu rupiah).

Pada akhir laporan, Kadis Femmy Bapa menyampaikan bahwa Pemkab Sikka telah menyiapkan rencana kegiatan pengadaan tanah dalam Tahun Anggaran 2022 s/d 2023 untuk beberapa kepentingan pembangunan infrastruktur antara lain, Pertama: pengadaan tanah untuk perluasan bandara Frans seda. Kedua: pengadaan tanah untuk pembangunan terminal darat dan jalan akses masuk menuju Pelabuhan Penyebrangan Dermaga Fary Ae Wige Desa Mbengu Kecamatan Paga. Ketiga: pengadaan tanah untuk pembangunan PLTS Semparong di Pulau Sukun.

Ganti rugi tanah dalam bentuk uang secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos didampingi oleh Kadis PKPP Kab. Sikka, Femmy Bapa, ST, M.Eng, kepada dua orang masing-masing pemilik tanah, Yosefat Skolastika Patulamenda untuk lahan SMAN Kangae dan Pater Yohanis Lobi, SVD untuk lahan SMPN Nuba Arat Kangae dan disaksikan oleh semua hadirin.*(cho)

Share :

Baca Juga

Dinamika Daerah

Polres Ende Sosialisasi Kamseltibcar kepada Para Siswa

Dinamika Daerah

Gubernur Sedih Dinas Pelopor Kebersihan Gagal Juara

Apa Kata Mereka

Survei Unggul, Hery-Heri Bakal Pimpin Manggarai

Dinamika Daerah

Video Kecelakaan Maut di Airnona Kupang, Viral di Medsos
Kepala Dinas Kesehatan

Dinamika Daerah

Dinkes Provinsi: “Keroyok” Penanganan Stunting di Mabar

Dinamika Daerah

Kapolda NTT Pimpin Bakti Sosial di Pantai Pede

Dinamika Daerah

KPUD Manggarai Usir Wartawan
Mahasiswa UNIKA Santu Paulus Ruteng sedang mengikuti latihan manajemen mahasiswa.(Foto: Ist)

Dinamika Daerah

UNIKA Ruteng Gelar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa