Kapal Wisata Terbakar - FloresMerdeka

Home / Reportase

Jumat, 10 September 2021 - 22:34 WIB

Kapal Wisata Terbakar

Petugas sedang memeriksa kapal yang terbakar.(foto:ist)

Petugas sedang memeriksa kapal yang terbakar.(foto:ist)

LABUAN BAJO, FLORESMERDEKA.com– Kapal Motor (KM) pinisi Lexi yang mengangkut 20 wisatawan terbakar pada Jumat (10/9/2021) sore siktar Pkl. 15.00 Wita. Peristiwa tersebut terjadi di sekitar perairan Menjerite, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT).

dikonfirmasi yang dihimpun media ini menyebutkan, kapal wisatawa terasebut sedang berlayar dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju sejumlah obyek wisata yakni Labuan Bajo- Kelor-Manjarite-Kalong-Padar-Komodo-Manta Point-Kanawa dan kembali ke Labuan Bajo. Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo sekitar Pkl. 12.00 Wita.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Labuan Bajo Capt. Hasan Sadili menjelaskan, sekitar pukul 15.00 Wita Kapten Kapal Lexy melihat kobaran api pada bagian jenset di atas dek kapal atau anjungan. Melihat kobaran api yang mulai menjalar ke bagian tubuh kapal, kapten kapal bersama ABK langsung mengevakusi penumpang dengan menggunakan sekoci. Jumah penumpang sebanyak 20 orang. Mereka dipindahkan ke anjani sementara beberapa kru kapal lainnya berusaha memadamkan api.

Sekitar Pkl. 16.00 Wita team SAR gabungan berangkat menuju lokasi kejadian namun saat tiba, api sudah berhasil dipadamkan. Para petugas langsung mengecek keadaan kapal untuk memastikan kondisi kapal dan keamanan kapal. Team SAR  pun kembali ke Labuan Bajo. Meskipun mengalami kebakaran namun kapal Lexy masih dapat dibawa menuju Pelabuhan Labuan Bajo, Sekitar Pkl.18.00 Wita kapal KM lexy bersama kapten dan anak buah tiba di pelabuhan dengan selamat.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.Namun, sebagian kapal mengalami kerusakan terutama bagian atas dek kapal yang biasa memuat para wisatawan berkeliling ke sejumlah obyek wisata di dalam dan di sekitar kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Semua wisatawan telah dievakuasi ke Pelabuhan Pelni Labuan Bajo dalam kondisi selamat.(kis)

Share :

Baca Juga

Komunitas Rumah Rakyat

Dinamika Daerah

Komunitas Rumah Rakyat Fasilitasi Ruang Belajar bagi Generasi Muda

Reportase

Gubernur Laiskodat Undang Menparekraf Kunjungi Bukit Kellaba Maja
Workshop Komite Making It Work (MIW) di Pondok Mai Ceng'go Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Flores, NTT. (Foto: Sandy Hayon / Flores Merdeka)

Dinamika Daerah

Gandeng Pemkab Mabar, HIF dan CIS-Timor Dorong Pemberdayaan Kelompok Rentan
Kibar bendera di pulau babi

Dinamika Daerah

Penyelam Sikka Kibarkan Merah Putih di Patahan Tektonik

Dinamika Daerah

Ratusan Massa Demonstrasi di Kantor BPN Mabar

Dinamika Daerah

Dhevall Leonardo, Musisi Hip Hop Lembata Tutup Usia

Dinamika Daerah

Komodo Berhadapan Dump Truck, Denny Siregar: Modal Foto Doang Ributnya se Galaksi

Dinamika Daerah

Putri dan Neira, Kakak Beradik yang Butuh Uluran Kasih