Bupati Lembata Lantik 144 Kades - FloresMerdeka

Home / Dinamika Daerah

Selasa, 28 Desember 2021 - 12:26 WIB

Bupati Lembata Lantik 144 Kades

Acara pelantikan 144 kepala desa di Lembata.(Foto:ist)

Acara pelantikan 144 kepala desa di Lembata.(Foto:ist)

LEWOLEBA, FLORESMERDEKA.com-Bupati Lembata,Thomas Ola Langoday pada Selasa (28/12/2021) melantik dan mengambil sumpah jabatan bagi 144 Kepala desa (Kades) terpilih, hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar secara serentak tanggal 8 Nopember 2021 lalu. Dari 144 kades terlantik, tercatat kades tertua berumur 70 tahun dan kades termuda berusia 25 tahun. Dari jumlah tersebut, ada satu kades adalah perempuan.

Kades tertua berumur 70 tahun yakni Pius Lengari yang terpilih dan dilantik menjadi Kepala Desa Waienga.Sedangkan Kades termuda berusia 25 tahun menjabat Kades Riangbao, Kecamatan Ile Ape sementara Kades perempuan yakni Kepala Desa Nubamado Kecamatan Nubatukan.

Sekda Lembata, Paskalis Tapobali melaporkan, dari 346 calon kepala desa (Cakades) sebanyak 144 calon terpilih menjadi Kades di masing-masing desa. Sekda Tapobali juga menjelaskan, dari 144 desa yang melaksanakan pilkades serentak pada November lalu, tercatat sebanyak 63.316 pemilih yang tersebar di 297 TPS. Dari jumlah desa tersebut sebanyak empat desa yang partisipasi pemilihnya mencapai 100 persen masing-masing Desa Nubahaeraka, Desa Nubaboli di Kecamatan Atadei, Desa Ile Boli di Kecamatan Nagawutun dan Desa Lite Ulumado di Kecamatan Nubatukan.

Sedangkan Kecamatan Buyasuri dan Omesuri tercatat partisipasi pemilih paling rendah. Disamping itu, ada empat ASN yang terpilih menjadi kepala desa termasuk salah satu diantaranya pernah menjabat sebagai penjabat Kepala Desa.

Pelantikan terhadap 144 kepala desa periode 2021-2027 oleh Bupati Thomas Ola Langoday tersebut digelar di Olympic Ballroom, Lewoleba. Upacara pelantikan dihadiri Forkompinda, pejabat eselon dua, para camat dan disaksikan para pendamping rohaniwan Islam dan Katolik.*(fmc)

Share :

Baca Juga

Dinamika Daerah

Lurah Labuan Bajo Kaget Saat Didatangi Penyidik Kejati NTT
Tumpukan sampah tampak di kawasan hutan lindung Puarlolo, Kecamatan Mbeliling. (Foto: Robert Perkasa / Flores Merdeka)

Dinamika Daerah

Kawasan Puarlolo Harus Bebas dari Sampah

Dinamika Daerah

Bupati Sunur: Gunakan APBDes Secara Bertanggung Jawab

Dinamika Daerah

HUT Otonomi Lembata: Taan Tou Bekerja Keras dan Jujur

Dinamika Daerah

Demo Omnibus Law, “Perang Mulut” Mahasiswa vs DPRD Mabar

Dinamika Daerah

Kadernya Jadi Tersangka, Melki Laka Lena: Nanti Kita Bahas

Dinamika Daerah

Perhitungan Real Count KPU, SEHATI Jauh dari KOBUL

Dinamika Daerah

MPR RI Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Labuan Bajo