Bupati :Perlu Ada Semangat Baru Membangun Leu Auq - FloresMerdeka

Home / Dinamika Daerah

Selasa, 4 Januari 2022 - 05:44 WIB

Bupati :Perlu Ada Semangat Baru Membangun Leu Auq

Bupati Thomas Ola Langoday

Bupati Thomas Ola Langoday

LEWOLEBA,FLORESMERDEKA.com-Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday  mengatakan, perlu ada semangat baru dalam membangun leu auqlewotana Lembata sejalan dengan branding Kabupaten Lembata saat ini yaitu healthiest from the east. Bupati Langoday menyatakan hal ini dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah para pejabat fungsional lingkup Pemkab Lembata, Sabtu pekan lalu.

Bupati Langoday mengatakan bahwa tahun lama berganti ke tahun yang baru dan jabatan yang lama berganti ke jabatan yang baru namun di sana sudah menanti tugas dan tanggungjawab yang baru.

“Maka perlu ada semangat baru dalam membangun leu auq, lewotana Lembata. Branding Kabupaten Lembata saat ini adalah healthiest from the east. Maka tugas kita bersama adalah mewujudkan branding ini, menjadikan Lembata paling sehat dalam semua aspek termasuk birokrasinya,”tandas mantan Wakil Bupati Lembata ini.

Dia menyebutkan beberapa ciri birokrasi yang sehat yakni :

Pertama, senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. Kedua, bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi. Ketiga, mempunyai wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi. Keempat,mempunyai kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai sumber dan memanfaatkan sumber daya secara optimal sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja secara maksimal.

Dia meminta para pejabat yang dilantik agar dapat melaksanakan tugas yang dipercayakan secara sungguh-sungguh dengan senantiasa menjaga amanah dan selalu menjalin kerjasama untuk mencapai tujuan organisasi. Bupati Lembata juga menyampaikan proficiat kepada para pejabat yang baru dilantik dan berharap, Tuhan dan leluhur leu auqlewotana senantiasa menyertai kita.

Pada bagian lain, Bupati Langoday juga menjelaskan bahwa pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat fungsional lingkup pemerintah Lembataberdasarkan pada Permen PAN-RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Permen PAN-RB Nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Birokrasi dan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 800/8839/OTDA tanggal 31 Desember 2021 perihal Persetujuan Penyetaraan Jabatan Provinsi NTT dan Kabupaten/Kota.

Dia menjelaskan, pelantikan para pejabat sudah melalui proses verifikasi, validasi dan pengusulan penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional dilakukan sangat lama.  Melalui Gubernur, Pemerintah Daerah mengusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Ia menyebutkan sebanyak 277 jabatan administrasi yang disetarakan kedalam jabatan fungsional.  Usulan 277 jabatan ini sudah disetujui untuk dilantik. Sebanyak 189 pejabat fungsional menduduki jabatan yang dimaksud

Dia mengatakan, pelantikan sesuai dengan hasil vidio conference tanggal 30 Desember 2021, di mana perintah dari Dirjen Otda bahwa seluruh kabupaten/kota yang belum melakukan penyetaraan diperintahkan untuk melakukan pelantikan pejabat-pejabat dimaksud paling lambat pukul 23:59 malam sesuai persetujuan teknis dari Menpan-RB.

Apabila tidak dilakukan pelantikan, kata Bupati Langoday maka ada dua sanksi yaitu penundaan penyaluran DAU atau transfer keuangan dan desa dan yang kedua seluruh proses pengusulan dalam rangka penyetaraan jabatan dan penyederhanaan birokrasi dianggap tidak sah sehingga seluruh pejabat eselon IV yang ada akan kahilangan jabatan dan  diharuskan melakukan pengusulan baru mengikuti proses normal.

Dia mengatakan, ketika mengikuti proses  normal sesuai syarat-syarat yang ketat melalui seleksi maka bisa saja ada yang tidak lulus dan kehilangan jabatan. Untuk itu, mau tidak mau harus dilakukan secara serentak untuk beberapa kabupaten yang belum melakukan penyetaraan.

“Momentum pelantikan kali ini sangat istimewah karena bertepatan dengan detik-detik pergantian tahun, detik-detik di mana kita hendak melepas tahun lama 2021 dan menyambut tahun baru 2022. Saya yakin momentum ini bukan kebetulan tetapi atas restu Tuhan dan leluhur leu auq-lewotana tercinta. Untuk itu, saya mengajak kita untuk memaknai peristiwa malam ini secara lebih mendalam,” ujar Bupati Langoday.*(fmc)

Share :

Baca Juga

Dinamika Daerah

Garda Maritim 7 Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Dinamika Daerah

Kecewa Pelayanan Puskesmas Borong, Keluarga Pindahkan Pasien Tengah Malam

Dinamika Daerah

Bupati Agas Abaikan Nasib 11 ASN

Dinamika Daerah

Khristofel Praing, Tokoh Birokrasi Inspiratif
Rapat Forum Floratama Flores Timur digelar di Larantuka, Rabu (2/6/2021) Foto :Ist

Dinamika Daerah

BPOLBF Sebagai Akselerator Pembangunan Pariwisata

Dinamika Daerah

Kampanye Deno Soal Kenaikan Tamsil, Menyesatkan Publik dan Melenceng dari APBD

Dinamika Daerah

Tim Gugus Tugas Jemput Paksa Bidan MPG
Gunung Ile Lewotolok kembali mengeluarkan asap vulkanik. (Foto:Ist)

Dinamika Daerah

Gunung Ile Lewotolok Kembali Meletus