Eliminasi Malaria Jamin Kenyamanan Wisatawan - FloresMerdeka

Home / Reportase

Jumat, 13 Mei 2022 - 15:42 WIB

Eliminasi Malaria Jamin Kenyamanan Wisatawan

Wakil Bupati Mabar, dr.Yulianus Weng.(Foto:ist)

Wakil Bupati Mabar, dr.Yulianus Weng.(Foto:ist)

LABUAN BAJO, FLORESMERDEKA.com- Eliminasi malaria perlu dilakukan guna menjamin kesehatan dan kenyamanan masyarakat, khususnya bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Selain itu, eliminasi malaria juga bertujuan mendapatkan sertifikasi bebas malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Wakil Bupati Mabar, dr. Yulianus Weng mengatakan hal ini saat membuka secara resmi Rapat koordinasi (Rakor) kegiatan eliminasi malaria yang digelar di Aula Dinas Kesehatan Mabar, Kamis (12/5/2022).

Dia mengatakan, jika Manggarai Barat mendapatkan sertifikat bebas malaria maka para wisatawan juga bisa tinggal lebih lama di wilayah ini karena Mabar dinyatakan bebas dari malaria.

“Malaria bagi kita di Indonesia biasa saja, tetapi bagi orang asing atau wisatawan sangat merepotkan karena malaria tidak ada di negara mereka dan kalaupun ada mereka melakukan vaksinasi malaria sebelum melakukan perjalanan ke Indonesia,” ujarnya.

Mantan Kadis Kesehatan Manggarai ini menyatakan, jika Manggarai Barat sudah memiliki sertifikat bebas malaria merupakan sebuah kelebihan karena menunjukkan bahwa daerah kita bebas dari malaria. Para wisatawan pun akan merasa tenang dan nyaman tinggal lebih lama di Manggarai Barat.

Menurut dia, untuk mengeliminasi malaria, tidak bisa hanya mengharapkan kerja Dinas Kesehatan tetapi membutuhkan kerja keras lintas sektor seperti melakukan vaksinasi dan mendapat dukungan semua pihak meskipun Dinkes sebagai motor penggerak.*

Penulis  : Frumen Amas

Editor : Kornelis Rahalaka

Share :

Baca Juga

Reportase

Vaksinasi Warga Mabar Mencapai 20 Persen

Hukrim

Tujuh Akun Facebook Dilaporkan ke Polres Manggarai

Hukrim

Dandramil 1624-03 Lewoleba Bantah Anggota TNI Aniaya Donatus

Dinamika Daerah

KPU Tetapkan 172.160 Pemilih Sementara

Reportase

Jalur Jalan Rego-Reok Rusak Parah

Reportase

Ombak Besar Hempaskan Kapal Tunas Harapan
Relawan AG

Dinamika Daerah

GRBK Gelar Kampanye Kreatif dan Edukatif

Pendidikan

‘Pasukan’ 212 SMAN 3 Borong, Selalu All Out (2)