Petani Lembor Minta Mesin Pengering Padi - FloresMerdeka

Home / Ekonomi / Ekonomi Bisnis

Kamis, 21 April 2022 - 00:22 WIB

Petani Lembor Minta Mesin Pengering Padi

Kunjungan kerja Gubernur NTT ke persawahan Lembor.(Foto:ist)

Kunjungan kerja Gubernur NTT ke persawahan Lembor.(Foto:ist)

LABUAN BAJO, FLORESMERDEKA.com– Petani sawah di Lembor, Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) minta pemerintah untuk mengadakan mesin pengering padi.

Selain itu, petani juga mengusulkan kepada pemerintah agar membangun bendungan guna mengatasi kekurangan air untuk persawahan mereka. Aspirasi petani Lembor tersebut diungkapkan saat berdialog dengan Gubernur NTT dalam kunjungan kerja ke wilayah tersebut, Selasa (19/4/2022).

Mikael Kaus, seorang petani menyatakan bahwa selama ini petani masih mengalami pasokan air guna mengairi lahan persawahan mereka.

“Saya usulkan kepada Pak Gubernur agar bangun bendungan Wae Sele II untuk mengairi persawahan 1000 hektar. Dan kami juga mengusulkan kiranya pak gub bisa mendatangkan mesin pengering padi untuk antisipasi panen saat musim hujan tiba,”ujar Mikael.

Menanggapi aspirasi petani, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT Lecky Frederich Koli mengatakan, pihaknya akan berdiskusi bersama dengan Dinas Pertanian Manggarai Barat dan Propinsi karena anggaran masih untuk penanganan covid 19. Namun, ia menyatakan usulan itu kiranya dapat diakomodir pada tahun mendatang.

Sedangkan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat memastikan pemerintah propinsi akan merealisasikan pengadaan mesin pengering padi.

“Untuk mesin pengering padi, saya pastikan akan ada di Lembor,”tandas Gubernur Laiskodat.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengharapkan Gubernur NTT terus memperhatikan sawah Lembor seperti saluran irigasi dan obat-obatan pertanian untuk mendukung produktivitas gabah di wilayah ini.

Ia mengatakan, pemerintah daerah akan terus mendorong pertanian sawah Lembor untuk meningkatkan hasil panen. Untuk itu, pemerintah akan mengalokasikan anggaran baik dari APBD I dan APBD II untuk mendukung peningkatan hasil panen di wilayah ini. *(fmc)

Share :

Baca Juga

Investasi

Masyarakat Adat Wae Sano Dukung Geothermal

Ekonomi Bisnis

Kinerja PT Bank NTT Membanggakan

Investasi

BPOLBF Perkuat Kreativitas Pengemasan Paket Wisata

Investasi

Bank NTT Setara dengan Bank Nasional

Ekonomi Bisnis

BPOLBF Gandeng Undana Kembangkan Perekraf

Ekonomi Bisnis

30 Peserta Lolos Tahap Business Scaling-Up Program Inkubasi

Ekonomi Bisnis

Menyongsong G-20, BPOLBF Siapkan Berbagai Event

Ekonomi Bisnis

Gubernur Minta Perbankan Beri Kontribusi Nyata